Brahimi memperingatkan Suriah


Utusan Khusus PBB Lakhdar Brahimi berbicara kepada media setelah pengarahan pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai Suriah di markas besar PBB di New York, 13 Maret 2014.

Mengenai konflik Suriah memasuki tahun keempat minggu ini, mediator internasional Lakhdar Brahimi memperingatkan bahwa jika pemilihan presiden dilaksanakan dalam beberapa bulan mendatang, hal itu bisa membahayakan pembicaraan damai antara pemerintah dan oposisi.
Brahimi mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan pribadi dengan anggota Dewan Keamanan Kamis, sementara itu belum ada pengumuman resmi dari Damaskus bahwa pemilihan presiden yang dijadwalkan terjadi pada bulan Juli.

Jika ada pemilihan, kecurigaan saya adalah bahwa oposisi, “mungkin semua oposisi tidak akan tertarik untuk berbicara dengan pemerintah,” katanya.

Berbicara secara pribadi, diplomat Barat mengatakan keprihatinan ini,  bahwa jika Presiden Bashar al-Assad tetap melanjutkan pemungutan suara,  mereka percaya kemungkinan akan dicurangi, dan terlihat akan menuju untuk jangka waktu tujuh tahun ketiga, maka akan tiada insentif bagi para pemimpin oposisi untuk kembali ke perundingan.

Pembicaraan damai, yang dikenal dalam istilah diplomatik sebagai Geneva 2, berakhir pada akhir Januari tanpa kemajuan dan tanpa ada tanggal dimulainya kembali.

Para diplomat mengatakan Brahimi masih menunggu respon dari Damaskus mengenai agenda untuk putaran berikutnya.

Dia telah mengusulkan membahas secara paralel baik terorisme – yang Damaskus ingin bicarakan dan tentang badan transisi – yang oposisi ingin membahasnya, tapi pemerintah sejauh ini menolak.

Semua ini berarti penderitaan rakyat Suriah tidak akan segera berakhir.

Bulan lalu, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menuntut baik pemerintah maupun oposisi untuk memberikan akses untuk pekerja kemanusiaan berusaha untuk memberikan bantuan kepada yang paling membutuhkan di negara itu, termasuk 250.000 orang yang berada dalam wilayah yang terkepung.

Mendengar dari kepala dewan kemanusiaan PBB Valerie Amos akhir bulan ini hambatan birokrasi telah dicabut, pengiriman bantuan lintas perbatasan telah meningkat, dan penggunaan sembarangan bom barel oleh pasukan pemerintah telah berhenti.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan utusan  Majelis Umum PBB Brahimi pada Jumat pagi akan mengadakan  kunjungan singkat di Suriah. (dikutip dari voa news)

Tentang waluh tarus

NAMA : ZAINUDDIN TONAMA TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR: BANJARMASIN, 11 MEI ... ALAMAT SEKARANG: LOA-JANAN ILIR Gg NYIUR RT 8 (lama RT 6) SAMARINDA SEBERANG, SAMARINDA (KALTIM) KODE POS: 75131 (lama 75391) RIWAYAT HIDUP: ............... HP: 085250505146 (NADIAZTONAMA)
Pos ini dipublikasikan di writing. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s